Mengepak dan Beranjak

Bulan ini saya menyelesaikan empat pertemuan perubahan kesepakatan pelayanan, tiga diantaranya disertai dengan pertemuan rutin bulanan. Satu lainnya dilakukan terpisah dan dihadiri lebih dari lima puluh orang.  Oh iya, ditambah pertemuan UPPK, dan memastikan dana desa tersedia untuk oprasional komite pengguna layanan. Hari ini saya lega, mencapai target yang saya buat, dan tetap berproses bersama mereka. Lalu, pada titik ini, saya hanya ingin mengepak dan beranjak. Bahwa, di Ketapang, saya merasa sudah selesai. Saya hanya ingin pergi dan menghirup udara berbeda. Itu saja!

Tentu saja saya belajar banyak di Ketapang bersama masyarakat, saya berjibaku dengan konflik antara guru dan masyarakat, dan jatuh bangun mengumpulkan koin sosial diantara keterbatasan saya senang berinteraksi dengan orang lain. Saya belajar tidak gugup berbicara di depan banyak orang, berani memperjuangkan apa yang saya anggap benar, dan saya dengan kesederhaan orang-orang di desa, menjadi banyak lebih bersyukur di dalam hidup. Menyenangkan rasanya bisa mendapatkan pemahaman akar rumput  dan memperkaya diri tentang bagaimana seharusnya pendidikan dibangun. Yah, di Ketapang, saya tidak hanya hadir untuk bekerja, tetapi juga belajar begitu banyak.

Satu tahun lebih lima bulan, rasanya cukup untuk saya. Apakah bersama masyarakat kemudian menjadi melelahkan untuk saya? mungkin saja, atau mungkin saya merasa lega, di luar banyak kekurangan dan tantangan selama berproses setahun ini, paling tidak sudah ada mereka yang belajar lebih peduli kepada pendidikan anak-anaknya. Selain itu, mungkin sudah diluar kendali saya.   Sekali lagi, saya hanya ingin segera mengepak dan beranjak.

Tinggalkan Balasan

