Belajar dari Mba Ati!

WP_20160130_001[1].jpg

Mbak Ati memimpin pertemuan Amandemen Kesepakatan Pelayanan di SDN 26

Seperti biasa, hari ini Mbak Ati (kader SDN 26) dapat memfasilitasi dengan sangat bagus antara pihak sekolah dan orang tua. Mbak Ati yang bermetamorfosis menjadi seseorang yang pemberani dan percaya diri membicarakan isu-isu pendidikan. Siapa yang menyangka, kader andalan saya ini hanya lulusan sekolah dasar, tidak lebih dari itu. Namun semangat belajar, dan kerelawanan Mbak Ati sangat luar biasa. Teman saya bertanya kepada Mbak Ati tentang apa yang membuatnya bisa memfasilitasi pertemuan dengan begitu bagus, Mbak Ati kemudian menjawab “ berani, dan anggap mereka semua kawan, jadi tidak usah minder mah”. Angguk-angguk saya mendengarkan, sekaligus salut yang tidak henti.

Beberapa bulan lalu, saat Mbak Ati diundang ke Jakarta untuk presentasi di depan kementrian, sejajar dengan dirjen, dinas pendidikan, dan ratusan penonton, Mbak Ati dengan lancar menjelaskan bagaimana keberlanjutan KIAT Guru di desanya. “ Kader desalah yang akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan fascam” Ucap Mbak Ati. Pernah juga sekali waktu Mbak Ati berkata “ Mbak Yant  ini, seperti angin yang dibawa ke desa kami, suatu saat juga akan dibawa oleh angin, oleh karena itu harus ada yang melanjutkan, dan kader desa adalah salah satunya”

“ Mbak Ati siapkan presentasi, di depan banyak orang” ucap saya. Power pointnya baru jadi malam sebelum presentasi, dan kami baru membahasnya keesokan harinya, tetapi mbak Ati membuktikan dia adalah pembelajar yang sangat cepat dan mudah menguasai keadaan.

Hari ini saya melihat proses yang begitu cair antara guru dan orang tua murid, bahwa berkumpul bersama dan membicarakan masalah anak dengan langkah kongkrit yang harus dilakukan itu sangat mungkin. Bahwa orang tua dari daerah terpencil, dan guru yang umumnya sangat dihargai, bisa duduk sejajar kemudian saling memberikan masukan. Bukan tuntutan, tetapi kerja sama untuk saling memajukan. Permberdayaan adalah ketika orang-orang yang ada dikomunitas itu sadar atas apa yang mereka inginkan dan melakukan perubahan, dimulai dari penggerak-penggerak yang tulus untuk selalu berbuat, dan Mbak Ati… adalah salah satu orang terbaik yang melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: