Celotehan 3 November

Celotehan di 3 November

            Hari ini tepat satu tahun kita bertugas di Banggai…apa kabar diri kalian teman-teman penempatanku..mari kita bertanya kepada diri sendiri.

Apakah hati kita tambah kaya dengan berbagi?….apakah kita sudah benar-benar menikmati setiap detik yang sangat berarti?. Bukan sekedar menikmati, tetapi melakukan yang terbaik di titik dimana kita berada. Untuk anak-anak kita, untuk pengembangan personal kepemipinan kita, untuk orang-orang di sekitar kita. Ah, andai waktu mengenal jeda…rasanya ingin berhenti lebih lama di saat moment-moment terbaik kebersamaan kita.

Kita pasti punya makna dan cerita sendiri yang terpatri dalam hidup kita, kenangan dan pembelajaran berharga yang akan terus bisa kita ceritakan hingga anak  cucu kita..Bahwa kita beremam pernah bersama-sama menuai cerita, berbagi suka duka, berproses bersama, dan melangkah dengan banyak dinamika.

Pagi ini, aku akan mengikuti ujian negara kawan-kawan, ujian yang orang tuaku harapkan walaupun sebenarnya hatiku amat enggan dan ingin terus bekerja bersama kalian. Aku akhir-akhir ini kemudian menyadari bahwa di antara lingkungan sempit kita di Banggai, ada orang lain yang juga punya harapan terhadap peran kita. Ada ibu dengan doanya, ada ayah yang terus bekerja, ada adik dan kakak kita yang ingin meminta dukungan, atau mungkin sahabat dan orang terdekat kita lainnya yang ingin kita ada di hari besarnya. Hidup itu memang penuh peran ya…di titik ini yang bisa kulakukan adalah melakukan tanggung terbaik di berbagai peran yang kita punya.

Aku menyayangi kalian kawan-kawan penempatanku sayang..ingin kupeluk rasanya satu persatu atas proses panjang kita satu tahun ini di penempatan. Satu persatu yang memberikan pelajaran berharga kepadaku… Tidak hanya dam bentuk kata bahkan dalam tuturan perilaku yang tak kalian sadari…Apakah dinding di antara kita sudah benar-benar runtuh li, syhur, ka, aul, mas luqman. Apakah kita sudah membumikan ekspektasi kita?. Jika kalian menanyakan hal sama kepadaku..aku hanya ingin menjawab, “aku ingin terus menikmati sisa-sisa kebersamaan kita dengan senang dan terus bermakna..jadi kawan, mari kita nikmati setiap detik yang terus berarti”.

Selamat ujian yanti

*****

Hujan…sekarang hujan amat deras, kebiasaan jelekku untuk pergi tidak membawa jas hujan tetap saja kulakukan…aku berteduh di pertokoan dengan seorang ibu yang baik hati meminjamkan bangku padaku…dan aku ingin bercerita kembali.

Ada 120 soal hari ini, dengan pusing dan pilek aku menjawabnya…bagaimana dengan soal matematika, ah…lupakan saja..melirik angkanya saja aku malas.. Aku hanya mengisi saja sekenanya. Untuk soal lainnya, karena aku suka, aku cukup penasaran menemukan logikanya..aku menjadi merindukan psikometri dan kumpulan skala perilaku.. Juga TPA plus anak-anak SMA itu…mungkin sepertiga waktu yang kuhabiskan adalah menganalisa si pembuat soal yang entah siapa..ha, kurang kerjaan.

Tanggal 3, sepertinya selalu menjadi hari yang spesial untukku. Sahabatku berulang tahun hari ini,  Ijasah S1 ku bertanggal ini, Beberapa tahun lalu di tanggal 3 aku sedang meringkuk kedinginan dengan abu tebal di pengungsian merapi, lalu masa-masa aku baru lulus S2 di tahun berikutnya dan tahun lalu adalah saat pertama kali aku dan teman-teman penempatanku menginjakan kaki di Banggai, bertekad untuk melakukan yang terbaik untuk anak-anakku dan belajar membuka diri untuk lebih mengenal kawan-kawan seperjuanganku. Dan tahun ini aku lagi berdamai demi birul waludain ku…

Terus meracau…hanya ingin sedikit berefleksi.

****

Selamat Setahun di Banggai ya…Kita sungguh luar biasa mendapatkan bonus dua bulan ini… Di titik aku tidak berharap apapun lagi, masa di titik nol…. aku hanya ingin melakukan yang terbaik di sisa waktu kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: