Refleksi Siang di Perpustakaan

Anakku Afdal yang aktif, tetapi rajin menghabiskan waktu di perpustakaan

Anakku Afdal yang aktif, tetapi rajin menghabiskan waktu di perpustakaan

Well, aku menyaksikan mata-mata berbinar mereka di ruangan ini…sendiri dan tak ada guru lain. Perpustakaan baru kami ini, adalah zona me time ku yang paling kusuka…melihat Lala berteriak….enci..aku sudah tamat huruf ini. Anakku Lala yang tahun kemaren tinggal kelas, sekarang sudah lebih baik dalam membaca… anak ini suka sekali memelukku, sampai-sampai aku harus melepaskan tangannya dari pinggang berulang kali, anak yang berkata “ enci Yanti itu baik ya…”

Sambil mengisi nilai rapot yang cukup membuatku harus berdamai dengan banyak hal, yang menandakan semester depan…aku dan anak-anakku harus lebih berusaha keras lagi dalam banyak hal… Kemajuan kecil walau sederhana…Di desa ini, jujur saja membuatku bahagia setengah mati. Walau hanya ucapan hei kawan…sebagai pengganti dari hei bodoh….

Setiap candaan mereka, setiap sapaan mereka… Aku bahagia, aku merindukan…. terlepas sekali lagi begitu banyak tantangan di desa ini…. Pendidikan bukankah hak semua anak, terlepas bagaimanapun atar belakang mereka, terlepas bagaimapun lingkungan mereka, terlepas sulitnya mereka untuk diajar karena banyak aspek.

Sindi yang pendiam mendekatiku, dan melihat apa yang aku kerjakan, kukatakan kepadanya Sindi rajin belajar ya….” aku mau jadi guru enci…”, Sindi adalah salah satu anak kelas satu yang kemajuannya sangat baik, tulisannya rapi, dan sudah pintar membaca. Well, untuk anak-anak inilah aku datang ke sini, mengutip kata-kata pak Anies, merekalah yang memilihmu…dengan tangan Tuhan yang menjembatani.

Lalu yan….bukankah tidak masalah jika Andi setiap dua menit lupa hurup yang ditulisnya, setiap hari Ihsan dan iyan membuat temannya menanngis, Aji yang berulah dan selalu kehilangan uang, Aco yang sering bolos, memet yang minta dibenarkan celananya setiap hari, mencegat Yani yang ingin berhutang di warung buat jajan, kelas lima belum bisa perkalian, atau kelas empat yang belum lancar membaca. Sekolah ini dengan banyak keunikan dan tantangannya….kemudian mengingatkan diri lagi, walau sederhana yan…teruslah bergerak, teruslah berbuat, dan hilangkanlah mengeluh….

Di setiap kesulitan pasti ada kemudahan, begitu juga sebaliknya… Itu janji Allah kan ya…Semoga selalu berkah ya Rabb….:)

Jadi mari kita nikmati sajooooo ya….

Hemmm…sambil menghibur diri…:)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: