Mendengarkan

Mendengarkan itu tidak ada teorinya… mendengarkan itu bukan hanya sekedar ada di dekat seseorang yang memiliki masalah, dan memasang telinga untuk mereka, tetapi lebih dari itu…. menghadirkan hati kita untuk sesaat untuk mencoba benar-benar memahami kondisi yang sedang dialami seseorang. Gerak tubuh kita pada akhirnya secara natural akan menampakan penerimaan terhadap lawan bicara dan akan berpengaruh besar terhadap kenyamanan seseorang semakin terbuka dengan kita….

Sebagian orang lebih suka bicara dari pada mendengarkan, oleh karena itu sebenarnya mendengarkan jauh membutuhkan kesabaran dari pada menahan marah….apalagi jika tema yang dibicarakan sudah tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.  Kemampuan mendengarkan adalah prinsip komunikasi yang efektif dalam sebuah hubungan. Bayangkan jika dua orang yang berkomunikasi ingin berbiacara secara bersamaan dan tidak ada yang mau mengalah… kadang kala banyak perpecahan terjadi karena masalah dasar yang sederhana, kemampuan untuk medengarkan… tidak hanya sekedarnya, tetapi dengan empati.

Bukankah kita pernah mengalami masa dimana berbicara dengan seseorang, tetapi ia serasa tidak berbicara dengan kita… seperti ada alarm dalam diri kita yang mengatakan, ah..orang ini  tidak mendengarkanku… padahal sudah sangat jelas dia diam di kekat kita dan seolah memasang wajah serius terhadap apa yang dibicarakan….mungkin saja di lain kesempatan, orang lainpun merasa demikian dengan cara kita mendengarkan.

Mendengarkan memang tidak ada teorinya, bagaimana kita harus duduk, menatap, memasang telinga, atau sekali-kali mengeluarkan kata-kata. Walaupun para ahli mencoba mengeluarkan teknik-teknik konseling efektif terhadap klien… namun, semua itu tidak ada artinya jika kita tidak menghadirkan hati kita saat itu di sana… fokus terhadap apa yang orang lain bicarakan… meluangkan sejenak terhadap apa yang lawan bicara omongkan… toh, tidak ada gunanya juga kita loncat fikiran kepada hal lain, sementara kita juga tidak bisa melakukan apa-apa terhadap hal lain itu…karena tubuh kita sedang berada ditempat lain….

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: