Sudut Cerita dari Gelombang Suara… (KEMAH JUARA 2010)

X :cek….cekk…
Y : terdengar dengan baik?? sementara gelombang 10141, baterai full, siap difungsikan…..!!!
X : Ok, siap dibagikan… yang pegang ht dicatet dan bertanggung jawab sama keamanannya.. Wajib!!

DIGITAL CAMERA
Kemah juara 2010 (Ratu Boko, 2-4 Juli, lebih pede, lebih mandiri !!!!)…. layaknya gelombang suara yang diantarkan benda ini… ada saat-saat kehilangan sinyal, ada saat-saat naik turun, ada saat tidak jelas, ada saat terang benderang, dan ada saat baterainya mesti di cas dulu karena sudah kehabisan energy. Begitulah dengan kemah juara yang sudah kita lalui. Penuh rasa, penuh cerita, penuh warna dan penuh makna.. Satu kata untuk kalian semua relawan, “ LUAR BIASA”.

Gelombang suara selalu mencari tim acara untuk bertanya… bagaimana selanjutnya?, ada apa ini?? alat yang dibutuhkan apa aja??, konsumsinya seberapa banyak sih???, ibarat most favorite wanted yang selalu dicari-cari dan wajib ditemukan gelombang suaranya..Sungguh canggih memang barang ini, dimanapun acara berada, asal baterainya masih tersisa dan sinyalnya sedang bersahabat, ia selau bisa menemukan gelombang suaranya. Di ujung sana, tempat tim acara mendengarkan gelombang suara itu… ada saat-saat mereka bisa menjawab dengan tegas dan ada saat-saat mereka harus diam seribu bahasa terlebih dahulu.. bukan karena tidak ingin menjawab, namun karena butuh pertimbangan dari situasi-situasi yang terkadang diluar dugaan.

Saat ada yang menyalahkah acara, dalam hati kecil mereka berkata… taukah, berapa banyak yang sudah kukorbankan untuk acara ini…. rapat panjang dan menjenuhkan, mondar-mandir,wira-wiri,muterin jogja buat dapet semua pembicara, bolak-balik ke boko. (iya kalau untuk wisata, tapi untuk sekedar ngatur posisi tenda) SP gagal, PKM Mepet, kerjaan amburadul… Beasiswa gak dapet, ujian terbengkalai, badan gak ke urus, ibu kos ngomel-ngomel, dan banyak hal lainnya lagi… kemudian hati kecil itu lalu menjawab.. ah, luruskan niat… aku tidak melakukan ini untuk penghargaan mereka, ini tidak seberapa dibandingkan kebahagiaan anak-anak yang didapat… saat ada yang protes dengan kemoloran waktu, hati kecilnya kemudian menyahut… baiklah, ini adalah cara Allah mengajariku untuk sabar.. Adakah yang memahami sulitnya menjadi mereka, betapa banyaknya amanah yang mereka emban dimana mereka harus membagi waktu diantara tuntutan orang-orang dilluar mereka yang terkadang tidak mentolerir itu, betapa juga tidak hanya keringat yang dikeluarkan tetapi juga air mata. Tidakkah mereka tahu konsep itu menjemukan dan tidak mudah untuk mentekniskan.. Perdebatan panjang soal jurit malam, perubahan konsep yang melelahkan soal moving country, atau persiapan yang mendebarkan soal bisnis challenge.. tiga acara inti yang harus ditunaikan disela-sela kepenatan, cuaca yang mengejutkan, dan prediksi yang diluar dugaan terkait banyak hal di hari acara. Bisakah dipahami bahwa kadang kala adalah sempurna jika segala sesuatu itu tidak berjalan dengan sempurna, karena dengan begitu lebih banyak pelajaran yang kita ambil dalam kehidupan… …Acara terus berganti dengan cepat dan lelah hanya bisa dikumpulkan hingga ujung waktu disaat semua berakhir…Disela-sela letihnya mereka berharap.. hati kecilnya kemudian berteriak “tidak bisakah kita sama-sama bertumpu, bukan hanya bertumpu kepada acara…bisakah kita sama-sama saling berinisiatif, bukan hanya karena aku acara atau tuan rumah”… tetapi karena ini adalah acara kita bersama…Pada akhirnya, mereka pun tersenyum, merekapun bahagia.. dan merekapun bisa bercanda serta merasa lega ketika acara bisa selesai dengan baik… Hati mereka bertepuk paling kencang saat anak-anak menikmati acara yang sudah mereka rancang dengan sepeunuh hati..Benar-benar luar biasa mereka bisa bertahan dan pada akhirnya mampu mewujudkan satu rangkaian acara yang kita rasakan bersama.

Ketika ada yang mengatakan… Konsumsi masuk, datang makan jam berapa ya!!!… Gelombang suara ini sedang menuju ke sebuah tempat di dapur pemadam kelapalaran yang sedang sibuk dengan potongan jahenya, kompor gas yang sempat tidak berfungsi, atau tumpukan piring yang harus dicuci agar tidak tambah semerawut… hidup ratusan orang berada ditangan tim ini… bayangkan jika tidak ada mereka… satu tim yang luar biasa!!! dari request sederhana soal telur dadar dengan nasi goreng sampai request ngeyel soda gembira yang tidak mungkin itu…tim ini mampu melayaninya dengan sabar… tumpukan barang dan bau bawang bercampur aduk namun tetap menjadi tempat tidur yang nyaman bagi mereka yang sudah siap beraksi sebelum matahari kelihatan batang hidungnya. Keceriaan sederhana selalu terpancar di posko ini, membuat semua orang yang kesana merasa senang dan ingin mencicip semua masakan yang ada.. Perbuatan mereka seolah berkata, memberikan service memuaskan kepada panita adalah cara yang terbaik untuk membuat acara ini berhasil.. karena layaknya HT yang selalu mengantarkan suara jika tidak dices baterainya maka akan mati, begitu juga dengan panita… dapur pemadam kelaparan layaknya energi terpendam yang selalu dicari paling akhir, akan tetapi paling dibutuhkan.

IMG_1051Ada kalanya suara dari tim ini sedikit melemah karena lelah… berhari-hari bahkan minggu persiapan mereka untuk mengumpulkan perlengkapan acara kemah juara. Tim kecil dengan energy yang luar biasa… Semangatlah modal awal dari semua itu… karena mengutip kata koordinator mereka “jika ada 500 orang yang bersemangat, diantaranya adalah aku.. jika ada 100 orang yang tetap berdiri semangat, salah satunya adalah Aku, jika ada 10 orang yang masih semangat, salah satunya adalah aku, jika hanya ada 1 orang yang tetap tegar bersemangat,pasti itulah aku… jika tidak ada seorangpun yang bersemangat, itu karena aku telah tiada.. Karena aku adalah semangat!!”, hee… sedikit narsis memang..tapi begitulah tim ini, Luar biasa kerja keras mereka. Semua perlengakapan baik acara, medis, atau konsumsi mampu didukung dengan baik…Memang tidak ada pernah yang berkata ““ Perkap… perkap masuk… hayo ini dawet ireng.. minum dulu yuks!!!“ Suara dari HT selalu selalu berkata…”perkap masuk… gallon diantar, perkap… tikernya kurang, perkap…meja butuh lima !!!” hoooo…. semuanya serba menyuruh… dan sepertinya tidak ada yang menyuruh mereka dengan sabar dan sopan… semuanya serba ingin cepat…. Semua request itu dilayani perkap dengan sigap… Sigap untuk berlari, sigap untuk mengangkat, sigap untuk memikul, dan sigap tidur paling pulas karena lelah. Tanggung jawab mereka lebih besar dari pada barang-barang yang mereka angkat itu… namun, semangat mereka membuat hari-hari yang melalahkan itu terasa ringan untuk bisa terlewati…

Gelombang suara kemudian membawa kekesekretariatan… seorang akhwat mungil selalu berjaga disana dengan setia… “ aku ingin liat acara mba…” kemudian dijawab dengan sedikit maksa oleh seseorang yang diajak ngobrol itu… “tempat ini lebih penting ditunggu dari pada liat acara lho”… dan kemudian dia menjawab “ baiklah (dengan sedikit nada pasrah)”….. Dengan sabar dia selalu melayani orang tua anak asuh yang ngeyel ingin ketemu, beramah tamah dengan pemandu yang keras kepala dengan aturan, sedikit gemas dengan data yang selalu berubah-rubah, mengkoordinir pembagian kaos dan Id card yang bertumpuk-tumpuk…kemudian saat benar-benar lelah dia tertidur dengan pasrah beralaskan kertas koran. Dia yang juga sangat sibuk dengan ujian dan KKL, bermain dengan data dan ngedit puzzle, mendengarkan dan mencatat hasil rapat, dan bersabar dengan menganggap sakit adalah rejeki untuk dia beristirahat… Di Kesekretariatan itu juga ada sosok yang selalu dicari-cari soal keuangan… terburu-buru dia datang ke kemah juara setelah praktik profesinya yang harus dia tunaikan.. dia sadar mungkin tidak bisa membantu banyak dengan kedatangannya, hanya saja dia ingin memberikan semangatnya dengan datang dan membantu semampunya.. jam 02 pagi.. dia masih berkutik dengan laporannya dan pagi harinya setelah membantu mengurus beberapa hal terkait dana, dia dengan tergesa pergi ketempat lainnya untuk menunaikan amanah berikutnya. Mereka adalah bagian sosok luar biasa dari kumpulan orang luar biasa dari acara ini..

DIGITAL CAMERAPosisi paling ujung dan terpencil dari keramaian, duduklah mereka disana, kadang kala berjalan muter-muter untuk mengontrol semuanya agar aman dan terkendali. Sesekali mereka berkata “Cek, Masuk… Keamanan disini… tolong ada orang tua murid segera diarahkan kekesekretariatan..!!!, Keamanan disini… ini mau hujan, sebaiknya bagaimana”. Well, Jika ada yang bertanya pekerjaan apa yang paling membosankan… jawabannya adalah menunggu.. karena menunggu itu jauh lebih membutuhkan kesabaran dari pada berlari atau melakukan kegiatan. Hanya saja menunggu kali ini dengan amanah yang tanggung jawab sama besarnya dengan sie lain. Amanah yang ditanggungnya begitu besar… tempat seluas itu harus diamankan dengan armada yang sedikit, sungguh luar biasa…. Mereka yang juga membantu perlengkapan dalam mengkondisikan tempat, mereka yang berharap bisa menonton piala dunia namun tidak bisa melakukannya, mereka yang juga tidak bisa menikmati sedikitpun rangkaian acara, dan mereka yang tidurnya selalu paling akhir agar semuanya tetap aman dan terkendali…Mereka… benar-benar Luar Biasa!!!

Mereka yang juga sangat digemari untuk dicari gelombang suaranya adalah tim medis..” Medis,,,, dimana ya… segera ke tim konsumsi, ada yang sakit disini!!!”..Mendengar itu, bernafas mereka sejenak dan turunlah mereka ke bawah… posko medis yang jauh diujung sana dan peserta yang sakit diujung lainnya.. Berundak-undak lahan di lokasi acara, begitu layak dijadikan tempat olah raga… Cocok untuk mereka yang ingin diet dengan porsi makan luar biasa.. Hoooohh.. sedikit berharap ada pintu ajaib atau escalator yang dimodifikasi dengan alam (ngayal kalau ini). Begitulah mereka… Meluncur dengan tergesa ke tempat acara setelah menyelesaikan amanah utama di kampus, terkadang berjalan menemani peserta, terkadang berlari menghampiri mereka.. Mereka melakukan tugas terbaik sesuai dengan posrsinya dan dengan sigap menjadi pelayanan bagi yang sakit. Keberadaan mereka adalah salah satu bagian yang membuat keseluruhan acara yang sudah kita lakukan bersama menjadi lebih komplit.

“ Humas masuk!!!, bagaimana peserta sudah datang semua??”, “Roger.. Humas disini, dari solo sudah tiba, sekarang memasuki lokasi” Tim humas adalah salah satu tim yang paling sibuk dari awal hingga akhir acara. Lobi soal tempat kemah dan TOT, ngantar surat menyurat, ngurus pemberangkatan, sampai mencari lokasi untuk kegiatan business chalange. Bersepeda dia ke lokasi yang sangat jauh, mengayuh jalan menanjak yang berusaha dikendalikan, berputar-putar dia keluar masuk kampung untuk mensukseskan acara… energi yang luar biasa….Bisa saja mereka hanya mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab mereka kemudian mereka tidur dan menikmati acara pada hari H, tapi tidak dengan mereka…. Humas tidak bertanggung jawab menganggat 10 meja dari lantai dua SD juara ke truk, dia juga tidak bertanggung jawab menyusun barang untuk dibawa ke tempat acara, terlebih nginep di lokasi untuk mengamankan dan membantu perlengkapan menyiapkan lokasi. Di Hari H, Mereka juga tidak bertanggung jawab memasang pentunjuk arah agar tidak tersasar (hal kecil yang mungkin banyak orang lupa berterimakasih), mereka juga tidak bertanggung jawab untuk berdiam di satu titik dan menjadi keamanan, mengangkat gallon atau menyusun tiker untuk sholat, tidak harus jadi petugas saat peserta berjualan ke luar area kemah, apalagi tugas membenarkan kompor gas yang agak ngambek… itu memang bukan tanggung jawab mereka…Tapi mereka melakukannya… Tidak terdengar mereka mengeluh, karena memang tidak ada waktu untuk mengeluh.. yang mereka punya adalah inisiatif, inisiatif untuk segera membantu yang ada di depan mereka.. Luar biasa kerja tim ini!!!
Bagaimana dengan PDD, suara mereka memang jarang terdengar dari kotak hitam yang begitu canggih itu… namun begitu esensi dan penting posisi mereka.. Mereka yang juga selalu berlari untuk tidak kehilangan moment, memberikan manfaat dengan caranya dan selalu berusaha membantu di sela-sela acara. Kadang kala mereka pun pindah posisi dari PDD menjadi perlengkapan, konsumsi atau menjadi penyemangat disela-sela acara.. PDD adalah tim yang bisa membuat semua orang tersenyum ketika mereka memintanya untuk berfoto (salah satu cara sederhana untuk mengurangi kepenatan) karena sepertinya sudah menjadi kodrat semua orang bahwa saat foto akan senyum dan ingin terlihat manis. Mereka yang mengabadikan banyak kejadian untuk selalu bisa dikenang, membuat beberapa detik menjadi abadi dan semua ekpresi bisa dinikmati.. Berlari mereka ke pojok, cukup narsis mereka berada ditengah, dan berada dibelakang untuk menunggu waktu yang pas untuk mengabadikan. Itulah mereka… yang hasil karyanya bisa membuat kita ternyum mengingat even yang sudah kita lalui.. Luar Biasa!!!

Huuuuuuuhhhhh…. Akhirnya… seluruh rangkaian acara sudah berakhir… Persiapan sudah, acara lewat, laporannya pun beres, dan ups.. pembubaran ya rek!!, Sekarang yang tersisa adalah cerita, cerita yang semoga menjadi pembelajaran berharga suatu saat nanti. Pemimpin yang baik itu adalah perpaduan antara pemimpi,pemandu sorak dan mandor lapangan.. dan kalian semua telah menjadi pemimpin yang baik bagi diri sendiri ataupun bagi tim kalian.. Luar Biasa!!

Wow… tidak terasa ya, waktu berlalu begitu cepat… ini adalah tulisan kedua saya tentang kemah juara, kali ini dengan perpektif berbeda dimana saya harus belajar banyak untuk bersabar, meredam egoisme pribadi dan mecoba memahami banyak perpektif orang lain.. Saya merasa luar biasa bisa kerja bersama orang-orang seperti kalian. Entah taun depan seperti apa… but surely, akan jauh lebih dahsyat dari tahun2 sebelumnya.

Terimakasih Relawan.. terimakasih telah membantu dalam porsinya masing-masing, terimakasih juga telah memberikan pelajaran yang begitu berharga bagi hidup saya dengan cara kalian masing-masing. Senang mengenal dan menjadi bagian dari kalian… Relawan… tetap semangat bahagiakan umat…

Semoga kita bisa saling memaafkan ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: