Sepenggal Cerita dari Kaca Mata Dokumentasi

P1030170Sobat relawan….setiap orang pasti punya makna dalam sebuah hajatan besar yang sudah kita lakukan itu… emmm, terdengar megah memang nama acaranya “ DIKSAR REGIONAL YOGYA, SOLO, SEMARANG”, Waduk Sermo Di Awal Tahun dengan sekitar 44 peserta dan 30 an lebih panitia.. suatu saat, akan menjadi memori yang pantas untuk selalu dikenang.. kata-kata “pantas” mungkin adalah hal yang paling tepat untuk mewakili semua.. karena sekali lagi setiap orang pasti punya makna yang berbeda atas apa yang sudah kita lewati…
Setiap foto pasti punya cerita di baliknya. Dari hanya sebuah foto seseorang bisa marah, tersenyum, tertawa terbahak, bahkan menangis tersedu-sedu. Kadang-kadang, arti sebuah foto lebih kuat dari sekedar tulisan atau romantisme masa lalu yang hanya dilukiskan dengan ucapan. Suatu saat kawan.. entah jadi apa dan bagaimana kalian di masa depan, ketika kalian melihat sebagian potret sederhana ini, mungkin kalian akan mengenang bahwa pernah ada kebersamaan yang membahagiakan yang pernah kita lalui bersama.


Diksar JOGLOSEMAR RZI…Banyak ekspresi yang tertangkap disana… dari wajah garang dan jarang senyum dari pak danlap yang dibantu assistennya yang feminim dan cekatan yang juga tidak kalah garangnya (piss mba Andros, heee.), Sie acara yang terlihat lelah dan kadang sedikit bingung, tawa ceria sie konsumsi disela-sela keribetannya memotong tempe atau mengocok telor, sie keamanan dan pelengkapan yang mungkin saking lelahnya jadi tidak bisa dikenali lagi ekperesinya, medis yang terlihat selalu berlari dengan sungguh-sungguh saat ada peserta yang sakit, atau panitia dari divisi lainnya yang juga tidak kalah lelahnya. Kumpulan ekspresi kalian kawan!!!.., menambah warna dari esensi acara yang kita adakan ini. Dan satu hal yang sama dari semua ekspresi kalian … saat diminta untuk difoto, entah komando dari mana… kalian semua akan serentak menarik bibir dua senti kekiri dan dua senti ke kanan… yah… betapun lelahnya kalian, entah kenapa saat sadar kamera kalian selalu tersenyum. well, inilah bukti esensi manusia untuk selalu eksis. Jadi ingat celetukan bunda… sepertinya narsis itu sudah menjadi bagian dari kehidupan (bener gak bun…..)


P1030202Emmm…Jadi ingat kata-kata patner dokumentasi lainnya bahwa esensi dari sie dokumentasi adalah agar taun depan panitia bisa belajar dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebelumnya, dan esensi kenarsisan adalah yang kedua… Namun buat aku kawan, esensi dokumentasi adalah mengabadikan banyak eksperesi yang layak untuk selalu dikenang.. Sie dokumentasi kali ini bukanlah orang yang professional (hiii…. iya kan pa arif), bisa jadi gambar yang diambil hanya terlihat punggung atau bahkan kumpulan bayangan yang gak jelas dengan sedikit berdalih “coba ada kamera yang masih berandai-andai (XLR dengan lensa tertentu yang support dengan alam). Maksudnya kawan, maafkan kalau ada beberapa kehilafan dalam pengambilan gambar yang seolah nampak amatir (emang iya sih..). Sebagian foto itu menceritakan bahwa kalian semua sudah sangat bekerja keras untuk mensukseskan acara ini. Aku cukup terkejut saat rapat persiapan terakhir kita, ternyata cukup banyak relawan yang berpartisipasi.. Ini menandakan bahwa relawan selalu ada saat memang dibutuhkan, dan walaupun kalian mempunyai segudang kegiatan diluar sana, waktu kalian selalu tersedia untuk relawan. Satu kata “ kalian luar biasa” 


Akhirnya, kita sudah sampai pada titik ini sobat relawan… tahap dimana kita menerima saudara-saudara baru yang punya niat dan mimpi yang sama saat bergabung di relawan. Jenjang rekrutmen, OJT, hingga diksar yang cukup panjang sudah kita lalui.. Dan Makna penting setelah itu adalah bagaimana membina relawan-relawan baru dan tetap menjaga semangat kita atas tujuan bersama itu. Ada satu pertanyaan yang hingga kini belum mampu aku jawab kawan… apakah relawan adalah semacam persinggahan dari satu fase kehidupan kita yang suatu saat akan kita tingggalkan dengan padatnya kesibukan,beranjaknya usia, atau besarnya tuntutan kehidupan, atau seperti apa???.. entahlah… setiap orang yang tergabung direlawan pasti punya jawaban berbeda. Well…Mungkin benar, ini adalah semacam suatu siklus kehidupan, bahwa akan selalu ada yang masuk dan akan selalu ada yang keluar atau perlahan-lahan menghilang dari relawan seiring berjalannya waktu. Hanya saja, Bukankah yel-yel itu harusnya selalu menjadi pengingat kita bahwa Relawan.. akan selalu semangat membahagiakan umat!!!!, dan mungkin rasa itu yang pada akhirnya akan terus mempersatukan kita.


P1030208Kata-kata penutup dari tulisan ini kawan….katanya!!! ketika bertemu dengan seseorang itu adalah kesempatan, ketika berusaha mengenalnya itu adalah sebuah pilihan, dan ketika mencintainya itu adalah sebuah keputusan… semoga saja, keputusan kita untuk berjuang di jalan ini adalah sebuah kecintaan… sama halnya berkumpul dan melakukan sesutu untuk umat, bersama dengan kalian sobat relawan. Selamat bergabung relawan yogya-solo-semarang yang baru… semoga saja cita-cita yang perlahan-lahan sudah dibangun terus tetap kita jaga bersama.

 

8 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: