Apa Kabar Hati di 2010

Aku bertanya… bagaimana kabar hatiku di 2010… well, aku kemudian menjawab.. mungkin karena waktu berlalu bergitu cepat, sampai aku tidak tahu dengan persis, bagaimana kabar hatiku… (haaa…ingin rasa ingin menjelaskan lebih banyak), mungkin sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hatiku masih cukup untuk rasa dalam sahabat. Hei…. Kapan kamu memikirkan pernikahan… Well, kawan… bukannya aku tidak berfikir, hanya saja… sepertinya aku masih belum layak…. Seorang sahabat kemudian menimpali, ok… tak papa… usia matang seorang perempuan justru dimulai dari 25 tahun… oh… mencapai usia segitu saja aku belum… so, apa memang sudah saatnya… Kemudian realita berkata, heiii…. Bukankah tidak perlu menunggu usia demikian…lihatlah banyak disekitarmu yang usianya sudah matang sebelum itu… Emmmm… mungkin itu kasus lain ya… atau aku saja yang kasus lain itu…haaa

            Kalau kalian bertanya, apa kabar otak ku di tahun 2010, aku bisa menjawab sangat panjang, dan akan banyak cerita yang bisa kujelaskan. Dimana ada satu titik kesimpulan, semakin kamu belajar sesuatu, kamu akan merasa sangat bodoh… haaa…. “ aku sadar, ternyata terlalu banyak yang aku gak tahu, terlalu banyak yang gak aku kuasai, dan terlalu banyak yang aku gak bisa lakukan” sampai aku sadar… yah, aku melakukan yang aku bisa saja lah… karena semua orang punya spesifikasi masing-masing.. Sepertinya aku tidak pernah paham bagaimana orang bisa dengan mudah menentukan arah jalan hanya bermodal arah utara dan selatan, atau kenapa orang bisa sangat telaten membuat bunga dari kertas, atau duduk berjam-jam di depan komputer untuk urusan merancang sesuatu.. Tidak… untuk bagian ini, aku tidak bisa melakukannya, termasuk aku masih belum bisa membedakan bumbu dapur dan tidak bisa memahami kenapa orang jadi sangat suka makan sayur… Haa… (ngelantur..ngelantur).

            Sobat… kalian mungkin yang bisa mendefinisikan bagaimana seorang aku ketika jatuh cinta… katanya adik kos ku… “ gak ada bedanya mba”… aku sampai menyakinkan dia kalau aku jatuh cinta… dan dia tetap tidak percaya… hah… sudahlah… Jatuh cinta bukannya tidak sama dengan menikah bukan… haa… Paling tidak membantu lebih memahami bagaimana seharusnya lelaki yang akan menjadi suami kita kan sobat…. Itulah gunanya kita berusaha memahami sesuatu, karena kadang kala kita menemukan siapa diri kita dengan mengenal orang lain.

            Apa yang paling aku suka dari 2010, aku bertemu banyak orang… di Yogya ini, kaya labotarium psikologi yang lebih asik dari pada lab buatan fakultas kita… Walaupun tidak harus kurang kerjaan kaya dulu, nongkrong di alun-alun kota dan mengamati orang-orang (kurang kerjaan banget ya dulu…hooo… I miss malang guys!!!). Hanya saja seperti kalian kawan… pasti banyak karakter yang kalian lebih dalami tahun ini, dan pasti ada hal seru yang bisa kita bisa belajar bareng (emmm,,, seperti sisi lain soal agama yang kamu kenal sis, atau eksperiment mu bu de…haa… itu terangkum di 2010 kan)

            Bos, ketika menjadi bagian dari pernikahan mu… saat itu aku mikir ni… wow… begini ya pernikahan itu… detik-detik memecah masa lajangmu… its mean… masalah-masalah hidupmu jadi lebih real ya… persoalan bayar listrik, tabungan hari tua, atau mungkin masalah harga cabe yang sekarang melebihi harga daging dan ayam… Gila, sempat frustasi juga aku dengan harga cabe…Sambel jadi serasa kurang nikmat. Jadi begitukah bos… ketika menjadi seorang istri, semua masalah jadi lebih sederhana… Seperti prinsip ibuku yang sederhana, lulus, kerja dan menikahlah…. Haaa….. iya juga ya!!!.. nunut lagunya slank… kalau gak ada mobil, ya pake motor, kalau gak ada motor, pake sepeda, kalau gak ada sepeda ya jalan kaki, kalau malas jalan kaki ya gak usah kemana-mana… katanya sederhana!!! Ha….

            Dipenghujung tahun apalagi…aku dapat hal gila, aku agak sadar, aku bisa juga jadi pemimpin ya… haa.. walaupun polanya masih agak sporadis dan sok perfeksionis sampai-sampai lupa daratan (hee…. Aku sudah bosan dengan sindiran apa yang seharusnya aku lakukan di yogya ini.. ), kalian taulah sifat ku, semakin ditanya semakin pake jurus seribu, so… biarkan saja lah… nanti juga aku akan bagi prosesnya guys…!!!!… Seharusnya dulu kita lebih sering melakukan ini ya sobat… berbagi soal mimpi… sambil menatap bintang dan ditemani kopi dan cemilah (haa… ngayal-ngayal), sekarang aku lebih sering melakukannya bersama orang-orang gila keren yang aku kenal sekarang (Gila dan bertanggung jawab…, sisi lain dari kehidupan dan membawa semangat baru karena bergaul sama orang muda..haa).. aku berusaha berdiri di tengah saja… diantara idealism mereka yang membara-bara yang tidak boleh padam, dan realita yang akan menjadi jalan lebih sistematis (haaa…. Aku ngomong apa sih).

            Salah satu teman main ku menulis gini, tahun ini adalah taun persahabatan, walaupun juga taun kehilangan. Mungkin itu pas juga buat kita yah sobat ku sayang… Banyak yang hilang tahun ini… (well, salah satunya hpe, dan barang-barang yang aku rusakan… kecerobahan yang susah hilang), seperi rasa yang pada akhirnya tidak pernah sama karena jarak yang memisahkan, atau cerita yang belum sempat dibagi dan hilang ditelan lupa… Hanya saja, bagiku…. Kalian selalu serasa sangat dekat… (haa.. karena kalau kita bareng, kita selalu berantem kan) dan selalu ada moment untuk mengingat kalian…

            Mengingkat banyak hal yang aku lalui tahun ini… aku kemudian berfikir, titik manakah yang aku harus tidak mensyukurinya… Kita pernah sama-sama kecewa kan bu de… atau mungkin mempertanyakan kenapa semua ini terjadi kan sis… dan bos, ternyata berdamai dengan realita tidak berat kan. Mungkin terlalu dini untuk bijak diusia kita yang  masih segini, namun…. Entahlah, hanya kata syukur yang ada di kepalaku untuk mengungkapkannya.

            Hei…jangan dibilang aku tidak takut… aku kadang juga sangat takut kawan… bagaiamana kehidupan setelah ini… setelah zona yang sangat nyaman yang aku lalui beberapa tahun ini… setelah ini dunia nyata benar-benar di hadapan ku (emmm… makanya yan..!!! cepetan lulus,), begitukah…. Lulus, kerja, menikah, mempunyai anak, dan membesarkannya… sederhana dan indah ya kawan….seperti tulisan keren yang baru aku lahap, katanya ni… kalau kamu takut, kenalilah rasa takutmu, dan kenali juga apa itu beralasan… Dan benar katanya nelson Mandela itu… kalau keberanian bukanlah persoalan ketiadaaan rasa takut, tetapi keberanian adalah proses belajar untuk menghadapinya…  Well… entahlah, karena kata hanna Montana, hidup itu kaya naik gunung… kadang sangat berat, tapi sangat indah pada akhirnya… kaya candu, ingin lagi, dan lagi….

            Tahun 2010 kawan… banyak hal yang mempesonaku… dan banyak keputusan yang kuambil dengan sporadis malah sangat berkesan untuk ku (haa…. memang sebelumnya pernah dipikir…). Well, Entah ya… 10 tahun lagi… tidak terlalu lama… mungkin 2 tahun lagi.. kita bisa jadi orang yang berbeda… tapi semoga saja tetap memegang prinsip2 yang memang seharusnya (weiss…. apa coba!!!).. Hidup… benar-benar menarik… Hiiiii

             Well, sobat ku yang kusanyangi… terimakasih atas keterbukaan yang luar biasa di tahun ini… tidak menyangka.. setelah bertahun-tahun kita saling mengenal, kita sampai pada moment bisa terbuka dari sisi-sisi yang kita simpan dari banyak orang lain di luar sana… (love so much moment pantai sis… and ruang sempit  di kosan ku tempat seru juga buat bagi cerita ya bu de… and bos…setelah ini, kami lah yang akan memasuki dunia mu… Heeeee).

Cat : jadi kawan, tulisan ini ditulis pas lagi pilek, batuk-batuk, dan aku agak bingung sama metode penelitian…haaa… jadi aku wisata otak saja lah… Love U!!!

Suatu Pagi yang semangat di Awal Januari!!!

Semoga… Amazing year di 2011 yah!!!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: